Sebelum membahas tentang macam – macam pasar, Ada baiknya kita mengetahui tentang pengertian apa itu pasar. Menurut W. J Stanton, Pasar adalah orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas, Uang untuk berbelanja, dan kemampuan untuk membelanjakan.
Oke kita lanjutkan pembahasan kita tentang macam – macam pasar. Dari pengertian diatas, Terdapat 3 unsur penting yang terdapat dalam pasar. Yaitu orang yang memiliki berbagai macam keinginan, daya beli dari orang tersebut, dan yang ketiga adalah minat untuk membelanjakan uangnya.
Pasar Konsumen
Sekelompok pembeli yang membeli barang – barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Barang yang dibeli adalah barang – barang konsumsi.
Pasar Industri
Pasar yang terdiri atas individu – individu dan Lembaga atau organisasi yang membeli barang – barang untuk digunakan lagi, baik secara langsung maupun tidak langsung lalu setelah itu dijual kembali. Barang yang dibeli merupakan barang industri.
Pasar Penjual
Pasar yang terdiri dari individu – individu dan organisasi yang membeli barang – barang dengan tujuan untuk dijual kembali atau disewakan agar bisa mendapatkan keuntungan atau laba.
Pasar Pemerintah
Pasar dimana terdapat Lembaga – Lembaga pemerintah.
Segmentasi Pasar
Kebutuhan konsumen sangatlah banyak sekaligus berbeda – beda. Akan sangat melelahkan apabila mencoba untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen. Itulah sebabnya dibutuhkan segmentasi pasar. Salah satu fungsinya adalah agar kualitas pelayanan menjadi lebih baik, sekaligus pasar menjadi lebih mudah untuk dibedakan.
Dan pengertian dari Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan membagi – bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan – satuan pasar yang bersifat homogen. Pembagian kelompok pembeli ini berdasarkan kebutuhan, karakteristik, ataupun perikalu yang berbeda di suatu masyarakat tertentu.
Memilih Segmentasi Pasar
Banyaknya kebutuhan konsumen membuat pelaku usaha harus memutuskan segmen mana yang akan dipilih. Karena hal itu akan lebih efektif untuk dilakukan oleh pelaku usaha kecil. Dan menurut Philip Kotler ada 3 strategi peliputan pasar, Yaitu :
Pemasaran Serba Sama (Undifferentiated Marketing)
Pada pemasaran ini pelaku usaha dapat memutuskan untuk mengabaikan perbedaan – perbedaan segmen pasar dan mengikuti keseluruhan pasar dengan satu tawaran prosuk atau jasa.
Pemasaran Serba Aneka (Differentiated Marketing)
Pelaku usaha menentukan untuk beroprasi dalam beberapa segmen pasar tetapi merancang tawaran tersendiri.
Pemasaran Terpusat (Concentrated Marketing)
Hal ini terjadi ketika perusahaan memutuskan untuk membagi pasar menjadi beberapa segmen tertentu dan memusatkan upaya pemasaran yang besar pada satu segmen saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar